Rabu, 01 September 2010

Graha Garuda Tiara "GARUDA RAKSASA" Yang Terabaikan

Jika Anda rajin blogwalking atau menjenguk milis, mungkin Anda telah menemukan ini: bangunan raksasa Garuda Pancasila di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Anda layak berdecak kagum, tak habis pikir ternyata ada orang kita yang memiliki ide membangun Garuda Pancasila raksasa.

Bangunan ini sejatinya sudah lama berdiri. Namun kedahsyatannya baru diketahui publik luas setahunan ini berkat teknologi google earth. Dari angkasa, bangunan itu memukau dengan desain Garuda Pancasila yang cukup jelas. Ada sayap, kepala, maupun perisai berlambang 5 sila.

Bangunan apakah itu? Nama resminya adalah Graha Garuda Tiara. Jika ingin menyaksikannya, silakan Klik 
ke google map. Dengan mudah, tampilan bangunan Garuda Pancasila itu kentara.
Sejumlah blogger telah menampilkan bahasan Graha Garuda Tiara ini dalam blognya. Disebutkan bahwa bangunan itu milik keluarga Cendana yang dibangun sekitar 1995 namun macet pada 1997. Para remaja yang terlibat Kirab Remaja Nasional, program reguler Orba, sering diinapkan di sini.
"Tampaknya kompleks gedung ini tidak lagi dipergunakan dan terbengkalai, tersangkut kasus dana Jamsostek senilai 75 milyar," tulis blog beralamat ryosaeba.wordpress.com.

Sedangkan blog Arief di katawaktu.multiply.com mengisahkan bahwa kompleks Graha Garuda Tiara itu direncanakan rezim Soeharto sebagai kompleks olahraga, lengkap dengan hotel, yang konon untuk menandingi Senayan, kompleks olahraga peninggalan Soekarno.

 Arief menceritakan, dulu dia memiliki seorang teman yang bekerja sebagai front desk di Hotel Garuda Tiara Convention, Cileungsi. "Dari penuturannya, teman saya menceritakan bahwa hotel tersebut cukup mewah dan banyak dihuni oleh para ekspatriat yang bekerja di kawasan Bekasi, Cibinong dan sekitarnya," tulisnya.

Seiring jatuhnya Soeharto dari kekuasaan, berakhir sudah riwayat Graha Garuda Tiara. Dari peta google earth, yang telihat hanya rumput ilalang yang memenuhi kawasan ratusan hektar itu. "Bangunan hotel yang tadinya berdiri megah kini menjadi rumah hantu," tulis Arief.
Graha Garuda Tiara Indonesia. adalah hotel yang dibangun oleh keluarga Cendana pada 1995 teronggok tak terawat.

Meja billiard terpojok di sudut ruangan dan telah pensiun dari tugasnya
semua tinggal kenangan belakaNamun kini semuanya jauh berbeda. Setelah 13 tahun berlalu, ilalang dan terik matahari merusak semuanya. Taman-taman dan bangunan megah seolah sirna.
Atap bangunan mulai lapuk serta tembok-tembok tampak kusam. Kaca-kaca gedung juga tampak rusak.
 Tidak ada lagi denyut kehidupan di gedung yang dahulu biasa disinggahi ekspatriat asing, yang banyak bekerja di pabrik-pabrik di sekitar lokasi.


Kaca-kaca bangunan sudah pecah.
Jika nasib baik masih melekat, Graha Garuda Tiara Indonesia (GGTI) sungguh megah. Selain memiliki wisma, hotel, helipad, sarana olahraga, dan 2 tower apartemen, bangunan itu juga memiliki gedung konvensi. All in one pokoknya.

okasi keseluruhan gedung yang mengambil tempat
5 hektar dari total 44 hektar luas area hanya seperti
bangunan tua tidak terawat.
Sekarang Garuda Pancasila raksasa itu tinggal kenangan. Rombongan tamu yang menginap seperti saat Soeharto masih jaya, tak terlihat lagi. Pemuda-pemudi yang tergabung dalam Kirab Remaja Nasional juga tak pernah mampir.

GGTI awalnya digunakan sebagai tempat penampungan
atlet dan asrama Kirab Remaja Nasional.
Bila malam tiba, tidak ada penduduk yang berani melintas di sekitar graha. Mereka hanya berani lewat pada siang hari, melintasi jalan setapak yang membelah kawasan tersebut.

Bahkan beberapa rangka bangunan sudah mulai rusak.
Besi-besinya yang konon buatan PT. Bukaka sudah berkarat
Graha Garuda Tiara saat ini dijaga 40 petugas keamanan. Mereka berjaga bergantian, satu regu terdiri dari 16 orang. Musuh utama mereka adalah pencuri barang bekas yang siap mengincar baja-baja kokoh bangunan mahal itu.

Bagian sayap garuda.
Bangunan ini dulunya diperuntukkan menjadi wisma.
ane prihatin dengan pemerintah akan kepedulian gedung berbentuk garuda tersebut

Lapangan basket kini tinggal garis dan warnanya, jaringnya telah hilang entah kemana
Kita sebagai Anak Bangsa harus bisa ikut mendukung gerakan menghidupkan kembali Graha Garuda Tiara.... Gedung Ideologi Kita...... Kebanggaan Kita... Ciri Khas Kita.....

Lapangan tenis kini telah rusak, kolam renangnya juga tak terawat
Garuda.... Didadaku.... Garuda... Kebanggaanku.... Ku Yakin...... Hari Ini Pasti Menang.....
Ayo Berdoa Moga GGTI Bisa Bangun lagi Dari Tidur Panjangnya Selama 13 Tahun.......

Kebanggaan Anak Bogor Kebanggaan Bangsa Milik Kita Bersama........
Thanks Udah Baca..... Kasih Komentar Ya...... Klo Kmu Udah Baca Berarti kmu udah cinta bangsa ini.....

Sumber :
http://unic77.blogspot.com/2010/08/gedung-berbentuk-garuda-yang-terabaikan.html
http://carlosdanz.blogspot.com/2010/01/jakarta-jika-anda-rajin-blogwalking.html





POST COMENT... KASIH KOMENTAR DISINI




3 komentar:

  1. sayang bgt thu bangunan teronggok tak terawat....andai aaaaa ku jd org kaya pasti......pikir aja sendiri...

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing this
    visit my blog : http://www.stevin-germy.my.id/

    BalasHapus
  3. To create such a truly amazing article, I read your blog every day and give me for that announcement here this article is too great and very entertaining thanks.
    dewa poker

    BalasHapus

INTRODUCTION :

Blog Serba Ada (BLOGSERBA) adalah Satu Blog yang Unik. Nikmati berbagai Artikel Unik, Aneh, Seram dan Lucu Update Setiap Harinya

Arsip Blog